Home » » Lajnah Falakiyah Sidogiri Adakan Rukyat ke Gresik

Lajnah Falakiyah Sidogiri Adakan Rukyat ke Gresik

Written By kodamayogyakarta on Rabu, 23 April 2014 | 22.13


Sudah menjadi agenda tahunan Pengurus Pondok Pesantren Sidogiri melakukan rukyat (melihat bulan tanggal satu) ke tempat-tempat yang mudah untuk menjangkau hilal. Sedikitnya tiga kali dalam setahun rukyat itu diagendakan oleh Pengurus PPS, antara lain ketika menjelang bulan puasa dan hari raya Idul Fitri.
Guna merealisasikan program itu, Lajnah Falakiyah yang berada di bawah naungan Naib I Kuliah Syariah PPS mengadakan rukyat ke Balai Rukyat NU Bukit Condrodipo Desa Kembangan Kec. Kebomas Kab. Gresik pada Senin (31/3) sore kemarin.
Menurut penuturan Saiful Ulum, Naib I Kuliah Syariah, dilakukannya rukyat di sana karena tempat itu merupakan tempat yang strategis dan sering kali membuahkan hasil ketika melakukan rukyat.
Selain untuk menjalankan agenda tahunan tersebut, rukyat ini dilakukan juga sebagai ajang pembuktian benar tidaknya hasil garapan yang telah dilakukan oleh para peserta kursus falak PPS. “Rukyat ini untuk mempraktikkan secara langsung ilmu yang didapat oleh peserta kursus falak PPS sekaligus mentashih hasil garapan saat ikut kursus di PPS,” tutur As’ad, Koordinator II Lajnah Falakiyah Sidogiri (LFS).
Rukyat yang dilakukan kira-kira pukul 17:30 Wib  itu diikuti oleh + 60 orang yang terdiri dari peserta kursus falakiyah PPS baik yang senior atau yang junior, Pengurus Kuliah Syariah PPS dan beberapa guru PPS dengan dipandu oleh Sekretaris Tim Falak PPS, Tholhah Ma’ruf.
===
Penulis: Suaib Hasan
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. YAYASAN KODAMA YOGYAKARTA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger