Home » » Sepucuk kisah di era 1980an…

Sepucuk kisah di era 1980an…

Written By kodamayogyakarta on Sabtu, 03 Mei 2014 | 21.48



Yayasan Kodama Yogyakarta. Dulunya adalah Korp Dakwah Mahasiswa atau biasa dikenal dengan sebutan KODAMA, bagian dari PMII Rayon Krapyak, sebuah divisi yang berhubungan dengan masyarakat di bidang dakwah. Dari situlah, KH. Munawir Afandi, KH. Hasbullah bersama yang lainnya menggagas dibentuknya organisasi dakwah mahasiswa yang kemudian diberi nama KODAMA.
Pada tahun 1980an, H. M. Anwar Chamid, salah seorang da’i senior KODAMA mengaku memiliki kesan tersendiri saat berdakwah melalui KODAMA. Ia bahkan sempat ditahan di Kepolisian Bantul karena dicurigai melawan negara. Akan tetapi, pada saat ditahan inilah pengalaman menarik justru ditemuinya ketika bertemu dengan sesosok polisi yang baik dan ramah bernama Taslim. Taslimlah yang menawarinya makan dan Alqur’an untuk dibacanya. Pada masa-masa ini, setiap da’i bahkan dituntut harus memiliki SIM (Surat Izin Mubaligh). Tanpa adanya SIM, kegiatan dakwah tidak dapat dilaksanakan.
Diselingi tawa yang renyah, Pak Anwar, panggilan akrab H.M. Anwar Chamid melanjutkan pengalaman dakwahnya di KODAMA pada era 1980an. Tim Damar tak dapat menahan tawa saat beliau mengaku pernah jatuh kerena dikejar anjing saat akan berdakwah di Sawit Panggungharjo Sewon Bantul.
Di sisi yang lain, meski sudah berhasil mendapat motor pinjaman dari seorang teman, sepeda motor yang dipinjam pada akhirnya hanya dapat manggrok di suatu Kantor Kecamatan di Kulonprogo. Hal ini terjadi karena jalan menuju lokasi hanya dapat dilalui dengan cara berjalan kaki selama tidak kurang dari dua setengah jam menyusuri jalan setapak dengan lampu minyak sebagai penerangnya.
Pengalaman lain yang tidak kalah menarik adalah saat diterjunkan di sebuah desa yang masih minim keagamaannya. Pak Anwar berupaya menghidupkan dan memanfaatkan mushola kecil yang ada di desa tersebut, tepatnya di Bandung, Pandowo Rejo. Pada awalnya, yang berhasil didekati adalah lima orang yang kesemuanya adalah tukang becak. Namun seiring berjalannya waktu banyak masyarakat tertarik dan ikut ngaji di Mushola.
Melihat kenyataan tersebut, sejumlah orang yang tinggal di belakang Mushola agak kurang suka. Tetapi beliau tidak memandang hal tersebut sebagai alasan untuk menghentikan dakwahnya. Bahkan beliau tetap semangat sehingga didirikanlah masjid yang diberi nama Mujahidin  sebagai tempat belajar masyarakat dan beribadah.
Pada saat itu tepatnya pada tahun 1982, kegiatan dakwah diisi dengan hal hal yang sederhana. Yaitu tentang  kabar yang menggembirakan yang dijanjikan Allah kepada orang orang beriman. Hal ini menyesuaikan dengan pengetahuan masyarakat yang lebih senang untuk mendengarkan kabar-kabar gembira.
          Pengalaman-pengalaman seagaimana yang telah disebutkan sebelumnya merupakan pengalaman H.M. Anwar Chamid yang berkaitan dengan progam dakwah di KODAMA baik itu mengaji Al- qur’an, pengajian nguping (mendengarkan ceramah) dll.
          Selain kegiatan pengajian, kegiatan-kegiatan lainnya adalah yang bersifat lapangan. Tidak jauh berbeda dengan kegiatan yang telah disebutkan sebelumya, yaitu pengajian Alqur’an dan ceramah-ceramah keagamaan, Pak Anwar menuturkan kegiatan lapangan lebih menekankan pada perubahan dan perbaikan, yakni mengajak masyarakat dengan cara melibatkan diri secara langsung dalam kehidupan masyarakat. Sebagai contoh, ketika beliau berwudhu di rumah salah seorang warga, didapatinya kolah ( kamar mandi) yang kotor dan  lumutan. Pada keesokan harinya, Pak Anwar berkunjung ke rumah tersebut dan mengajak bekerja bakti membersihkan kamar mandi.
          Perjumpaan dengan pengalaman-pengalaman pada era 1980an tersebut mengingatkan kepada perjuangan dakwah pada masa dahulu. Namun, lebih dari itu adalah bagaimana memajukan kegiatan-kegiatan dakwah pada masa kekinian.
Sejalan dengan itu, Pak Anwar pun berpesan agar kader-kader dakwah sekarang ini mampu menyesuaikan diri dengan keadaan zaman, peka terhadap masalah- masalah yang ada di masyarakat dan dapat menggerakkan masyarakat ke arah yang lebih baik.[] Sulistyoningsih
Share this article :

1 komentar:

  1. http://taipanqqgood.blogspot.com/2018/05/bagaimana-bisa-penis-terjebak-di-vagina.html

    Taipanbiru
    QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | asiataipan . com |
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID terbaik nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    BandarQ
    AduQ
    Capsasusun
    Domino99
    Poker
    BandarPoker
    Sakong
    Bandar66

    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61

    Daftar taipanqq

    Taipanqq

    taipanqq.com

    Agen BandarQ

    Kartu Online

    Taipan1945

    Judi Online

    AgenSakong

    BalasHapus

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. YAYASAN KODAMA YOGYAKARTA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger